Ekonomi

MESDM Terima Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021

INDOPOSCO.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada hari ini, Selasa (9/11), menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumala.

Penerimaan penghargaan ini atas dasar pengembangan inovasi yang dilakukan Kementerian ESDM pada ketegori perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup di sektor energi lewat Percepatan Penerapan Manajemen Energi sebagai Upaya Penurunan Emisi GRK melalui Aplikasi SINERGI (Sistem Informasi Konservasi Energi).

Sebelumnya, Arifin menjelaskan, aplikasi SINERGI adalah hasil pengembangan inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) yang membantu mempromosikan peralatan-peralatan pemanfaat energi yang sudah menerapkan energi minimum dan label tanda hemat energi. Aplikasi ini berbasis website untuk menyajikan informasi beragam dan dapat diakses cepat terkait Konservasi Energi di Indonesia.

“Aplikasi ini menjadi simpul media yang menjembatani Pemerintah dengan pihak-pihak berkepentingan khususnya pengguna energi untuk saling berbagi informasi dan menjawab permasalahan dalam penerapan sehingga kebijakan ini dapat diimplementasikan secara masif,” kata Arifin

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan selamat kepada peraih predikat Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji. Ke depan, Tjahjo berharap inovasi pelayanan publik agar mengikuti perkembangan dan tantangan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pemerintah, baik Kementerian, Lembaga, Instansi Pemerintah Daerah, maupun BUMN yang terpilih menjadi Top Terpuji Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. Ke depan kompetisi inovasi pelayanan publik agar dimodifikasi sesuai dengan perkembangan dan tantangan yang ada. Terutama dalam menjalankan era adaptasi kebiasaan baru dengan menggunakan platform digital yang semakin luas,” ujar Tjahjo pada kesempatan sebelumnya.

Sementara itu, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan salah satu kontribusi nyata dari pemerintah untuk memberikan motivasi kepada setiap penyelenggara pelayanan publik untuk memajukan pelayanan publik di instansinya. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemberian penghargaan tahun 2021 dilakukan secara virtual.

“Yang membedakan antara tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah tahun ini prosesi pemberian penghargaan dilakukan secara virtual. Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi kasus Covid-19, yang saat ini kondisinya alhamdulillah sudah melandai,” ujar Diah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button