Ekonomi

Kucuran Dana Rp1 Triliun dari Gojek ke Mitranya Positif buat UMKM

INDOPOSCO.ID – Kebijakan Gojek mengucurkan dana hingga Rp1 triliun kepada mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan mitra drivernya selama pandemi Covid-19 menjadi bukti bahwa ekosistem bisnis tersebut peduli terhadap mitra bisnisnya.

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Fithra mengatakan, langkah Gojek itu bisa menjadi patron atau contoh bagi aplikator lain. Menurutnya dana Rp1 triliun yang dikeluarkan Gojek untuk membantu para mitra UMKM dan mitra driver cukup besar.

“Kebijakan Gojek sebagai sebuah korporasi memberikan bantuan dana sebesar itu sungguh luar biasa. Seharusnya korporasi ataupun startup lainnya dapat mengikuti jejak yang sama. Kemajuan UMKM juga harus menjadi tanggung jawab swasta, seperti yang sudah ditunjukkan Gojek,” ujar Fithra, Selasa (9/11/2021).

Fithra menambahkan, dengan menyalurkan sebagian keuntungan untuk partnernya, Gojek membuktikan mereka tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan, tetapi juga memikirkan para mitra driver dan mitra UMKM.

“Bantuan besar dari Gojek tentu didasari situasi sulit yang harus dihadapi para mitra UMKM dan driver dalam kurun waktu hampir dua tahun terakhir. Selama pandemi Covid-19, pendapatan mitra UMKM maupun driver mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button