Ekonomi

Ekonom Berikan Skenario Bila Indonesia Bertransisi Pandemi ke Endemi

INDOPOSCO.ID – Ekonom senior Chatib Basri memberikan skenario yang akan terjadi bila Indonesia berhasil bertransisi dari masa pandemi menuju endemi.

“Skenario pertama, pandemi masih terjadi. Jadi kita belum dapat yang namanya herd immunity (kekebalan kelompok) dan macam-macam belum masuk ke endemi,” tutur Chatib dalam webinar “Tren Masa Depan Dunia Kerja dan K3 Usai Pandemi” yang diikuti di akun Youtube ILO di Jakarta, Rabu (10/11).

Chatib mengatakan pada skenario pertama, dunia perekonomian akan tetap terbatas karena adanya protokol akan membatasi segala bentuk kegiatan masyarakat sehingga berdampak pada produksi suatu barang atau jasa dan pengaruhi transaksi jual beli.

Ia memberikan contoh, sebuah industri tidak akan memproduksi banyak barang bila tidak ada permintaan dari konsumen. Akhirnya, bunga bank menjadi turun namun kredit tidak mengalami pertumbuhan karena perusahaan tidak meminjam dana untuk melakukan usaha.

“Untuk apa orang produksi barang banyak-banyak kalau yang minta tidak ada? Motor dibuat, mobil dibuat akhirnya hanya jadi stok di dealer,” ucapnya.

Chatib mengatakan bila skenario ini masih terjadi, maka Indonesia sedang memasuki fase dimana pemerintah harus mementingkan diri pada disaster relived di bidang kesehatan, sosial dan UMKM agar dapat bertahan.

Dalam fase ini, pola pemulihan akan terjadi secara kesekian. Mulai dari pemerintah meringankan mobilitas sosial untuk membuat ekonomi menjadi membaik yang diiringi dengan bertambahnya kasus. Bertambahnya kasus kemudian akan menyebabkan resiko pengetatan aturan kembali sehingga mobilitas kembali turun.

Pola tersebut, tutur ia, telah terjadi pada saat ekonomi triwulan II 2020 di mana perekonomian nasional terkontraksi 5 persen secara year on year (yoy).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button