Ekonomi

Peningkatan Potensi Ekonomi Digital Dukung UMKM

Baca Juga : Potensi Ekonomi Digital Tinggi, Perlu Peran Pemerintah

“Program Kartu Prakerja juga turut membantu para pelaku usaha maupun calon pelaku usaha untuk meningkatkan kompetensinya. Berdasarkan data manajemen pelaksana, salah satu pelatihan yang paling diminati adalah mengenai penjualan dan pemasaran,” ujar Airlangga, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Airlangga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei, mayoritas penerima Kartu Prakerja mengatakan bahwa pelatihan program tersebut telah mendorong kewirausahaan dan insentif digunakan untuk modal usaha. Bahkan 17 persen penerima Kartu Prakerja yang sebelumnya menganggur telah berwirausaha.

“Perbankan juga turut serta memberikan dukungan dalam pemulihan ekonomi pada masa pandemi ini, diantaranya dengan memberikan dukungan program restrukturisasi kredit/pembiayaan yang dapat dinikmati oleh dunia usaha termasuk UMKM,” jelas dia.

Tak hanya itu, berbagai studi juga menyatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar. Hal tersebut didukung oleh sejumlah faktor, diantaranya total penduduk yang terbesar ke-4 di dunia, dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai 191 juta atau 70,7 persen.

Sedangkan dari sisi digital user, jumlah pengguna ponsel Indonesia saat ini mencapai 345,3 juta atau 125,6 persen dari populasi dengan penetrasi internet sebesar 73,7 persen dan trafik internet yang mengalami peningkatan 15-20 persen. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button