Ekonomi

PPUMI Canangkan Gerakan Sejuta Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM

“Apa yang bisa kita lakukan untuk memajukan UMKM, antara lain, pertama dengan berjamaah atau dengan membuat kelompok usaha/klaster usaha. Kedua, pendampingan usaha agar produknya berkualitas bagus dan berdaya saing. Ketiga, memberikan akses kepada UMKM, dan saat ini paling utama melalui digitalisasi,” kata Perry.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selain menyampaikan apresiasi kepada PPUMI atas kegiatan deklarasi sertifikasi halal untuk UMKM ini, juga menyampaikan tentang pentingnya akses digital bagi UMKM.

“Akses digital ini sangat penting bagi UMKM, karena dapat meminimalisir turunnya omset usaha dan memiliki durasi bertahan yang lebih baik,” tuturnya.

Senada dengan itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki turut menyambut baik adanya Gerakan Sejuta Sertifikasi Halal bagi UMKM ini. Menurutnya, pemerintah dengan BPJH telah bersinergi untuk memudahkan UMKM dalam mengakses sertifikasi halal.

“Ke depan, koperasi dan UMKM akan melakukan transformasi dari sektor informal ke formal. Transformasi ini disinergikan salah satunya dengan sertifikasi halal gratis dan kemudahan perizinan,” kata dia.

Sementara itu, posisi perempuan Indonesia dalam perekonomian nasional sangat strategis. Sebab menurut data dari Kemenkop UMKM, terdapat 64 persen pelaku usaha UMKM adalah perempuan.

Oleh karena itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mendukung program Sejuta Sertifikasi Halal bagi UMKM ini sebagai salah satu upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Adanya sertifikasi halal gratis bagi UMKM akan semakin memperluas kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional,” pungkasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button