Ekonomi

Pasar Uang Stabil, Dolar AS Tergelincir

Pemerintah Jerman memangkas perkiraan pertumbuhan 2021 untuk tahun ini, karena kemacetan pasokan untuk semikonduktor dan kenaikan biaya energi menunda pemulihan di ekonomi terbesar Eropa itu. Imbal hasil obligasi pemerintah Jerman 10-tahun turun ke level terendah dalam lebih dari seminggu dan kurva imbal hasil mendatar.

Demikian pula, kurva imbal hasil obligasi AS mendatar dengan selisih antara imbal hasil pada obligasi dua dan 10-tahun menyempit menjadi kurang dari 104 basis poin, terendah sejak Agustus. Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun turun di bawah 1,53 persen. Imbal hasil telah mencapai 1,70 persen pada minggu lalu.

Meratanya kurva imbal hasil di pasar negara-negara maju minggu ini mungkin mencerminkan kekhawatiran, kata para analis, bahwa bank sentral akan melakukan kesalahan jika mereka mengetatkan kebijakan terlalu dini dalam menghadapi inflasi lebih tinggi yang terbukti sementara.

Berita Terkait

Dolar Australia naik 0,3 persen menjadi 0,752 dolar AS setelah data menunjukkan bahwa inflasi inti Australia melesat ke level tertinggi enam tahun pada September, mengejutkan pasar. Data tersebut mendorong lonjakan imbal hasil obligasi jangka pendek.

Bank sentral Australia (RBA) akan bertemu pada Selasa (2/11/2021) minggu depan dan perkiraan pasar bertentangan dengan desakan pembuat kebijakan RBA bahwa tidak akan ada kenaikan suku bunga sebelum 2024.

Terhadap yen Jepang, dolar AS turun 0,3 persen menjadi 113.7950-masih dalam kisaran baru-baru ini dan mendekati level tertinggi empat tahun di 114,695 yang disentuh satu minggu lalu.

Bank sentral Jepang (BoJ) akan bertemu pada Kamis dan secara luas diperkirakan akan menurunkan penilaian ekonominya. Pasar telah bertaruh pada tidak ada kenaikan suku bunga di masa mendatang. Pound Inggris turun 0,1 persen menjadi 1,3740 dolar AS setelah menteri keuangan Inggris mengumumkan perkiraan anggaran Inggris.

Di pasar kripto, Bitcoin turun ke level 58.100 dolar AS-terendah dalam satu setengah minggu-dalam sebuah langkah yang dikaitkan dengan aksi ambil untung menyusul level tertinggi sepanjang masa 67.016 dolar AS yang dicapai minggu lalu.

Sejak setinggi itu, uang kripto telah jatuh lebih dari 13 persen tetapi berada di jalur untuk bulan terbaiknya sejak Februari. Bitcoin turun 3,0 persen untuk hari ini di 58.634 dolar AS. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button