Ekonomi

PLN: Konsumsi Listrik Capai 187,78 TWh Naik 4,42 Persen

Sementara beban puncak di Sumatera berada di atas 6.200 megawatt, Kalimantan di atas 1.200 megawatt, Sulawesi Utara dan Gorontalo di atas 400 megawatt, dan Sulawesi Bagian Selatan di atas 1.400 megawatt.

PLN akan berfokus pada strategi creating demand yang ditempuh melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi untuk meningkatkan penjualan listrik.

Strategi intensifikasi dilakukan PLN melalui berbagai bundling dan promosi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, misalnya promosi Super Dahsyat pada yang digulirkan memperingati Hari Listrik Nasional ke-76.

Berita Terkait

Program promosi ini memberikan harga spesial Rp 202.100 untuk biaya penyambungan pada layanan tambah daya untuk konsumen tegangan rendah satu phase daya 450 VA dan 4. 400 VA di semua golongan tarif dengan pilihan daya akhir maksimal 5. 500 VA.

Strategi intensifikasi juga dilakukan melalui penerapan gaya hidup dengan menggunakan peralatan berbasis listrik dalam kehidupan sehari- hari atau electrifying lifestyle, seperti mendorong ekosistem dan penggunaan satu juta kompor induksi serta kendaraan listrik berbasis baterai.

Di samping itu, strategi ekstensifikasi ditempuh PLN melalui program win back yaitu mengakuisisi captive power atau mengganti kelistrikan perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan pembangkit sendiri dengan suplai listrik dari PLN agar perusahaan dapat berfokus pada bisnis inti mereka.

Cara lainnya adalah dengan melihat ceruk pasar yang masih potensial dengan program electrifying agriculture dan electrifying marine untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan serta kelautan. “Kedua strategi pemanfaatan listrik tersebut tentu saja akan memberikan manfaat bagi pelanggan dan pelaku usaha yaitu meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya operasional,” ujar Bob. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button