Ekonomi

IHSG Ditutup Menguat Tipis Meski Dibayangi Aksi Ambil Untung

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (15/10) sore, ditutup menguat tipis meski dibayangi aksi ambil profit investor.

IHSG menguat 7,22 poin atau 0,11 persen ke posisi 6.633,34. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 0,45 poin atau 0,05 persen ke posisi 972,21.

“Jelang akhir pekan ini, pergerakan indeks IHSG tampaknya terpengaruh sentimen eksternal dan internal,” tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta, Jumat (15/10) seperti dikutip oleh Antara.

Dari eksternal, muncul kebingungan akan pertumbuhan ekonomi China bersamaan luncurkan data inflasi secara tahunan yang turun dari sebelumnya 0,8 persen menjadi 0,7 persen.

Bursa regional Asia sendiri mengarah menguat ditopang oleh luncurkan kemampuan keuangan perusahaan Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari ditaksir dan data ekonomi yang turut membantu menyurutkan kebingungan investor tentang tekanan inflasi dan perlambatan pertumbuhan.

Jumlah klaim pengangguran mingguan AS juga menambah sentimen positif pasar. Klaim pengangguran turun dari sebelumnya 329 ribu klaim menjadi 293 ribu klaim.

Sementara dari internal, IHSG bergerak labil bersamaan sentimen aksi ambil profit yang membayangi perdagangan hari ini pada saat neraca perdagangan Indonesia yang diluncurkan pagi tadi kembali mencatat surplus pada September 2021.

Badan Pusat Statistik( BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD4,37 miliar pada September 2021 dengan nilai ekspor USD20,6 miliar dan impor USD16,23 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button