Ekonomi

Sistem Pertanian Terpadu Kementan Bekerja Sama dengan Perempuan Tani HKTI akan Wujudkan Kedaulatan Pangan

Sebelumnya, Menteri Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, selain mendorong pemberdayaan Perempuan Tani HKTI pada akselerasi produksi Integrate Farming System dengan pergerakan mulai dari hulu sampai ke hilir, ke depannya orientasi ekspor merupakan sebuah keniscayaan yang dapat diraih.

“Bersama perempuan tani HKTI kita wujudkan produksi sampai pada tahap hilirisasi, tidak ketinggalan harus menghasilkan pangan berkualitas ekspor,” pungkasnya.

Diketahui, Kementerian Pertanian melalui beragam program strategis yang dicanangkan berupaya agar pembangunan pertanian yang digulirkan dapat dilakukan dan dirasakan semua lapisan masyarakat terutama para perempuan.

Oleh karena itu, Kementan mengimplementasikan strategi pengaursutamaan gender (PUG) dimulai dari penyusunan perencanaan, penganggaran, monitoring, evaluasi dan Audit.

Hal ini diperlihatkan ketika dalam proses penyusunan progam dan kegiatan semua direktorat teknis telah memasukan PUG sebagai strategi dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan, baik laki-laki dan perempuan.

Atas dasar itu, Kementan mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penghargaan ini merupakan bentuk bukti dari komitmen dalam mengimplementasikan PUG di Kementan dalam mengoptimalkan pembangunan pertanian.

Menteri Pertanin Syahrul Yasin Limpo berharap ke depannya petani-petani perempuan akan semakin maju, berdayasaing dan dapat bersinergi dalam melaksanakan pembangunan pertanian. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button