Ekonomi

Kominfo Sebut 84 Persen UMKM Telah Beraktivitas Lagi

“Dari anggaran tersebut, per Jumat (1/10) lalu sudah terealisasi 42,1 persen dari pagu, atau sejumlah Rp68,43 triliun,” tutur Menkominfo.

Menkominfo Johnny juga mendorong agar pelaku UMKM untuk berpindah ke pasar online melalui berbagai platform jual beli yang tersedia. Ruang digital yang dapat diakses oleh setiap orang di banyak tempat, memungkinkan UMKM bertahan di masa sulit seperti saat ini.

“Digitalisasi UMKM harus terus ditingkatkan mengingat 58 persen penduduk Indonesia sudah melakukan transaksi secara digital dengan nilai ekonomi yang tinggi,” ucap Johnny.

Terkait pemberdayaan UMKM, Johnny menjelaskan, Kominfo melakukan pelatihan ekosistem digital juga dilakukan untuk 1.000 pelaku UMKM di 5 Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) serta Kabupaten penerima infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Kemudian, Kominfo juga melakukan pendampingan kepada UMKM untuk go digital dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia. “Pemerintah mendorong kolaborasi lintas pihak melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia serta gerakan Bangga Berwisata di Indonesia,” tutur Menkominfo. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button