Ekonomi

Pemerintah Siapkan Normal Baru dengan Syarat Herd Immunity

INDOPOSCO.ID – Pemerintah telah menyiapkan roadmap menuju era normal baru dengan syarat utama terciptanya herd immunity (kekebalan kelompok).

“Syarat utamanya adalah sudah tercapainya kekebalan kelompok, intensifikasi vaksinasi hingga 2,5 juta dosis/ hari, dan kasus baru kurang dari 5 ribu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (7/10), seperti dikutip dari Antara.

Menko Airlangga mengatakan strategi penanganan Covid-19 Indonesia yang menekankan penanganan di hulu maupun hilir terbukti membuahkan hasil yang baik. Hal tersebut tercermin dari nilai Reproduction Number (Rt) sebesar 0,60. Angka ini relatif lebih rendah dibanding Rt global dan negara lain.

“Singapura angkanya masih 1,44, Inggris 0,97, dunia 0,92, Amerika 0,9, India 0,86, Filipina 0,85, Malaysia 0,81. Jadi Indonesia adalah salah satu yang terbaik dalam penanganan Covid-19,” ujar Menko Airlangga.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia berbanding terbalik dengan kasus Covid-19. Pada kuartal kedua, di saat kasus Covid-19 di bawah 100 ribu, maka pertumbuhan ekonomi melonjak ke angka 7,07 persen. Namun pada saat versi Delta masuk, kasus naik ke sekitar 573 ribu dan pertumbuhan ekonomi diperkirakan menurun di sekitar 3,5 sampai 4 persen.

“Selanjutnya di kuartal keempat ini diharapkan bisa tumbuh sekitar 5 persen, karena kita lihat beberapa indikator sudah jauh membaik dan kasus Covid-19 sudah lebih landai,” kata Menko Airlangga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button