Ekonomi

Tingkatkan Literasi Digital Anak Muda, Kemendikbudristek dan Universitas Telkom Gelar GEMASTIK XIV

Lebih lanjut disampaikan Dida, tahun ini Universitas Telkom dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV telah bersiap diri untuk memfasilitasi pelaksanaan ajang ini agar berlangsung sukses saat menyambut 3.164 tim yang telah mendaftar pada 11 divisi lomba dimana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar 33 provinsi di Indonesia.

Dida menambahkan bahwa seluruh peserta melalui tahapan seleksi sebelum masuk ke babak final. Adapun hasil proses seleksi yang dilakukan oleh tim juri telah terpilih 230 tim finalis yang berasal dari 67 perguruan tinggi dan 62 perguruan tinggi di antaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 16 provinsi. “Finalis dari ujung paling barat Indonesia yaitu Universitas Syiah Kuala dari Provinsi Aceh, dan finalis dari ujung paling timur Indonesia adalah Politeknik Negeri Ujung Pandang dari Provinsi Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Dalam ajang GEMASTIK XIV, para peserta akan bersaing pada 11 cabang/divisi lomba, yaitu pemrograman (Programming), keamanan siber (Cyber Security), penambangan data (Data Mining), desain pengalaman pengguna (UX Design), animasi (Animation), kota cerdas (Smart City), karya tulis ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), pengembangan perangkat lunak (Software Development), piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), pengembangan aplikasi permainan (Game Development), dan Ekshibisi E-Sport (kategori tambahan di tahap final). Pelaksanaan final GEMASTIK akan mengambil 3 tim terbaik dari masing-masing divisi serta predikat juara umum untuk perguruan tinggi yang meraih medali terbanyak.

Mengenai antusiasme peserta, Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya mengaku sangat bangga meski dalam suasana pandemi tidak menyurutkan niat peserta untuk berkompetisi. “Meski diadakan secara daring dan dalam situasi pandemi kiranya melalui GEMASTIK dapat mencetak bakat digital untuk menuju kemandirian teknologi di Indonesia serta menjadi bagian untuk menemukan solusi atas permasalahan bangsa,” tutupnya.

Pelaksanaan GEMASTIK XIV tahun 2021 merupakan pagelaran mahasiswa nasional bidang teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia. Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ke-5 untuk Universitas Telkom dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang tersebut setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan GEMASTIK pada tahun 2008, 2009, 2019 dan 2020. Seluruh informasi lengkap mengenai pelaksanaan GEMASTIK XIV termuat dalam laman resmi kompetisi yaitu https://gemastik.kemdikbud.go.id/. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button