Ekonomi

Dorong UMKM Perempuan Bangkit dan Naik Kelas

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah senantiasa mendorong semangat UMKM perempuan untuk bangkit dan maju bersama menjadi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tangguh dan naik kelas di masa pandemi Covid-19.

“Koordinasi dengan seluruh stakeholder harus terus dijaga dan ditingkatkan guna peningkatan daya saing. UMKM juga perlu dibekali dengan akses pasar, finansial, dan teknologi dengan melakukan pemberdayaan ataupun pendidikan,” kata Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/10).

Airlangga menyampaikan bahwa UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 60,51 persen atau senilai Rp9.580 triliun.

UMKM yang saat ini berjumlah sekitar 64,2 juta berkemampuan menyerap 96,92 persen dari total tenaga kerja serta dapat menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi.

Namun, pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar bagi sebagian besar UMKM, termasuk UMKM yang diberdayakan oleh kaum perempuan. Pada 2020, 77 persen UMKM perempuan menyatakan bahwa penjualannya menurun dan 34 persen UMKM perempuan menyatakan akan menutup usahanya dalam waktu dekat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button