Ekonomi

Pemprov Susun Analisa Kelayakan Bank Banten Jadi BUMD Mandiri

INDOPOSCO.ID –  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti menuturkan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sedang menyusun analisa kelayakan usaha, analisa kebutuhan daerah sebagai syarat pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bagi Bank Banten

Setelah studi kelayakan selesai, hasilnya akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai syarat mendapatkan persetujuan.

“Bila persetujuan Kemendagri selesai, maka Pemprov menindaklanjutinya dengan menyusun naskah akademis dan analisa penasihat ini dan kemudian dibahas di dewan,” tuturnya, Ahad (26/9/2021).

Dengan Bank Banten menjadi BUMD baru, Pemprov Banten akan langsung menjadi pemegang saham penuh dan tidak lagi melalui PT BGD lagi.

“Pengelolaan ke depan dengan BUMD Bank Banten baru, Pemprov Banten langsung sebagai pemegang saham,” jelasnya.

Anggota DPRD Banten, Maretta Dian Arthanti optimistis pemisahan Bank Banten dan PT BGD adalah sebuah terobosan yang baik bagi Bank Banten.

“Saya senang mendengar kabar ini. Artinya akan ada perubahan dan perbaikan lebih maju buat Bank Banten. Namun yang harus kita kawal adalah prosesnya, terutama terkait perda pemisahan agar bisa dibuat dulu. Ini nanti DPRD harus benar-benar mengawalnya. Saya optimistis selama semua pihak menjalankan fungsinya sesuai tupoksi,” tuturnya..

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button