Ekonomi

Rupiah Berpeluang Menguat Didukung Surplus Neraca Dagang

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (16/9) berpotensi menguat didukung surplus neraca perdagangan Agustus.

Rupiah pagi ini bergerak menguat 25 poin atau 0,18 persen ke posisi Rp14.215 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.240 per dolar AS.

“Kenaikan surplus neraca perdagangan indonesia yang cukup tinggi dari bulan sebelumnya sekitar 83 persen, memberikan angin segar untuk penguatan rupiah hari ini,” kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/9).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan pada Agustus 2021 mengalami surplus sebesar 4,74 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 21,42 miliar dolar AS dan impor 16,68 miliar dolar AS.

Di sisi lain, lanjut Ariston, wacana tapering pada akhir tahun masih menjadi ganjalan untuk penguatan nilai tukar lain terhadap dolar AS, termasuk rupiah.

“Belum ada hasil data ekonomi AS yang benar- benar menghilangkan kemungkinan pelaksanaan tapering di akhir tahun. Data inflasi AS masih meninggi dan data tenaga kerja AS masih ditunggu perkembangannya,” ujar Ariston, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button