Ekonomi

Sri Mulyani Ungkap Enam Isu Prioritas yang Dibahas dalam Presidensi G20

Ketiga merupakan central bank digital currency (CDBC) yaitu kategorisasi prinsip umum pengembangan CBDC yang mencakup 5 aspek utama yaitu implikasi terhadap fungsi bank sentral dan implikasi terhadap transmisi kebijakan moneter.

Setelah itu implikasi terhadap stabilitas sistem keuangan, kebutuhan desain dan teknologi, serta aspek lintas batas. Prinsip-prinsip ini direncanakan untuk membagikan pedoman dalam pengembangan CBDC termasuk pengoperasian dalam mensupport bisnis lintas batas.

Keempat merupakan sustainable finance yaitu peran sektor keuangan dalam mensupport agenda- agenda penting di level global seperti climate change dan green finance facility yang bermaksud untuk menghasilkan transformasi ekonomi hijau dan berkelanjutan. “Juga akan dibahas mengenai bagaimana digital infrastructure regulation dalam rangka untuk meningkatkan leverage dan mobilisasi private sector investment,” jelasnya.

Kelima merupakan cross border payment yaitu diskusi mengenai manfaat optimalisasi digitalisasi dalam meningkatkan daya produksi serta menanggulangi potensi resiko dan tantangan yang ditimbulkannya. Agenda kelima ini juga mengenai peningkatan sistem pembayaran khususnya kemajuan pembayaran lintas batas untuk mendorong pembayaran yang cepat, ekonomis dan transparan.

Keenam merupakan inklusi keuangan yang mencakup digital dan UKMM ialah fokus pada pemanfaatan open banking untuk mendorong daya produksi serta mensupport inklusi ekonomi dan keuangan termasuk aspek lintas batas. (mg4/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button