Ekonomi

Sustainability Festival 2021, Mainstreaming Good Sustainability Practices, Why Not?

INDOPOSCO.ID – UN Sustainable Development Goals (SDGs) sudah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia kedalam Perintah Presiden (PerPres) No. 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Mendukung pencapaian tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mempersiapkan peta implementasi keuangan berkelanjutan pertama sejak tahun 2015 dan peta jalan kedua di tahun 2021.

Sesuai dengan Peraturan OJK No.51/POJK.03/2017, perusahaan lembaga keuangan, emiten, dan perusahaan publik diminta untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan dan pelaporan keberlanjutan.

“Peraturan-peraturan ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis yang ramah lingkungan dan sosial,” tutur Dr. Semerdanta Pusaka, Country Director for SR Asia Indonesia.

Beberapa perusahaan swasta sudah berusaha untuk menerapkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) secara bertanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon. Praktik-praktik yang baik dapat menjadi contoh dan dorongan semangat yang luar biasa bagi perusahaan lain yang masih berproses dalam menerapkan prinsip-prinsip LST di dalam bisnisnya.

Bulan September 2021 menjadi tahun keenam sejak ditetapkannya 2030 Agenda for Sustainable Development atau UN Sustainable Development Goals (SDGs). “SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) menjadi cita-cita seluruh warga dunia, termasuk Indonesia, yang diwujudkan dalam berbagai inisiatif untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan,” ujar Delfania Matasik, MSc, Senior Sustainability Advisor Aicon Global Indonesia pada Virtual Konferensi Pers Sustainability Festival.

Tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, seluruh elemen masyarakat termasuk sektor swasta berusaha untuk berkontribusi mewujudkan SDGs. Hal tersebut dijalankan antara lain melalui strategi usaha yang berkelanjutan, melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta menyusun laporan berkelanjutan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button