Ekonomi

Bea Cukai Berikan Asistensi Para Pelaku Usaha lewat Program CVC di Empat Wilayah

Di Sumatera Utara, Bea Cukai Bealwan mengadakan pertemuan dengan PT Meratus Line Cabang Medan untuk memberikan asistensi aturan dan prosedur pengangkutan barang asal daerah pabean ke satu tempat lain melalui luar daerah pabean. Rencananya dalam waktu dekat akan dibuat rute Belawan – Kuala Tanjung – Port Klang – Surabaya.

Rute ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi logistik dan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku bisnis, khususnya para pelaku ekspor. Sebagai salah satu fungsinya yaitu trade fasilitator, Bea Cukai Belawan terus mendorong dan mendukung terwujudnya kemudahan prosedur layanan ekspor maupun impor melalui kebijakannya.

“Ke depan, Bea Cukai Belawan juga akan segera mengimplementasikan single submission sarana pengangkut sebagai bagian dari program penataan ekosistem logistik nasional,” tambah Firman.

Beralih ke Kalimantan, Bea Cukai Samarinda mengadakan kegiatan CVC ke PT Maju Kalimantan Hadapan dan PT Besi Kalimantan Abadi. Dalam kegiatan tersebut, Bea Cukai memberikan edukasi terkait aturan impor.

Sementara itu, di wilayah Maluku, Bea Cukai Ambon berkunjung ke PT Panbers Jaya dalam rangka menggali potensi ekspor di Pulau Buru. PT. Panbers Jaya saat ini memiliki 1100 Ha lahan di Desa Waetina, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru yang ditanami pohon karet. PT. Panbers bergerak di bidang pengolahan karet setengah jadi yang hasilnya dipasarkan ke pasar domestik. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button