Ekonomi

Pengusaha Muslimah Diminta Kuasai Literasi Digital

“Mari gunakan media sosial untuk aktifitas produktif dan menguntungkan dengan memanfaatkannya bagi kemajuan bisnis kita,” ujar Wamenag.

Peluang bisnis berbasis digital di Indonesia sangat besar. Menurut Global Web Index, papar Zainut, 96 persen pengguna internet Indonesia berusia antara 16 sampai dengan 64 tahun yang mencari produk atau layanan secara online untuk dibeli.

Riset Janio menemukan, Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial untuk fashion. Karena selain jumlah penduduk muslim yang mencapai 227 juta, juga median age yang lebih muda, yaitu rata-rata 28,8. Berbeda dengan negara tetangga seperti Thailand dan China dengan median age di atas 38.

Selain itu, 33,75 persen penduduk Indonesia masuk kelompok milenial di mana hampir 60 persen semua kebutuhan transaksinya dipenuhi secara online melalui beragam platform digital. Tingginya pengguna internet ini menjadikan Indonesia adalah salah satu pasar online terbesar di dunia.

Mengutip statista.com, Wamenag menjelaskan, pertumbuhan e-commerce Indonesia termasuk tinggi di Asia Tenggara. Pendapatan di pasar ecommerce diproyeksikan mencapai USD43 miliar pada 2021 dan naik menjadi USD63 miliar di 2025. Segmen pasar terbesar adalah fashion dengan proyeksi volume pasar sebesar USD13 miliar pada 2021, dengan sebagian besar pengguna ecommerce yang akan mencapai 221 juta pengguna pada 2025.

“Data-data di atas janganlah hanya jadi sekedar data dan angka. Seharusnya menjadi inspirasi dan informasi berharga guna menciptakan kreatifitas bisnis kita mengembangan usaha,” pesan Wamenag.

“Kita semua harus memanfaatkan media digital secara kreatif dan produktif. Isi ruang di media digital untuk usaha dan bisnis sehingga lebih berkembang. Dengan demikian, ruang digital tertutup dari peluang pihak lain melakukan narasi radikal dan anti-sistem,” tutupnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button