Percepat Transformasi Digital, Ciptakan Layanan Cepat, Ringkas dan Aman

INDOPOSCO.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan sebuah web untuk transaksi valuta asing atau valas bernama BNIFX dengan diikuti nasabah-nasabah korporasi dan BNI Hi-Movers.

Peluncuran BNIFX ini didasari oleh kebutuhan nasabah dalam mendapatkan kemudahan dan kenyamanan transaksi valas. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan pergeseran perilaku transaksi nasabah yang terlihat dari data transaksi digital banking yang melonjak signifikan selama pandemi Covid-19.

Direktur Treasury dan International BNI, Henry Panjaitan mengatakan, BNI mempercepat transformasi digital yang akan membuat layanan menjadi semakin cepat, ringkas dan aman. Salah satu kebijakan strategisnya adalah meningkatkan digital capability dalam memenuhi kebutuhan nasabah.

“BNI akan selalu membuat produk-produk yang lebih inovatif dan customer centric sehingga relevan dengan kebutuhan nasabah. Salah satu inovasi layanan digital BNI yang dilluncurkan pada 23 Agustus 2021 adalah BNIFX,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Selasa (24/8/2021).

Direktur IT dan Operasi YB Hariantono menekankan, cashless transaction menjadi sesuatu yang umum untuk menurunkan interaksi pada era pandemi. Dimana 98 persen transaksi dilakukan secara elektronik atau digital.
“Saat ini, BNI terus melakukan transformasi bisnis, dimana pandemi telah mempercepat penerimaan kita dalam melakukan inovasi terhadap pelayanan digital,” katanya.

Pengembangan digitalisasi di BNI dilakukan terhadap tiga area, yaitu proses pengembangan produk dan layanan BNI, digitalisasi platform layanan nasabah, serta digitalisasi ekosistem melalui kolaborasi dengan channel digital yang lain.

Sementara, SEVP Tresuri BNI Ita Tetralastwati menyebutkan, pada 2020, Divisi Treasury BNI berhasil membukukan earning before tax yang  tumbuh 20,3 persen dibandingkan 2019. Di sini, BNI menawarkan solusi tresuri untuk kebutuhan transaksi valas nasabah, termasuk solusi transaksional, simpanan, investasi, hingga solusi hedging (lindung nilai).

“Setiap kebutuhan transaksi tresuri Anda, solusinya pasti ada di BNI. Sehingga, ketika nasabah membutuhkan kemudahan dan kenyamanan untuk bertransaksi valas maka BNIFX adalah jawabannya,” ujar Ita.

Kemudian, Managing Director dan Partner BCG Edwin Utama mengatakan, peran bank bukan sekadar layanan banking, namun bagaimana beyond banking dapat menjadi solusi bagi nasabah. Tim Riset BCG telah melakukan benchmarking terhadap beberapa bank di dunia, survey dan interview kepada client BCG di perusahaan goblal di dunia yang mengulas trend terkait digital korporasi pada nasabah korporasi dan wholesale banking.

“Sebelum pandemi Covid-19, nasabah corporate banking sudah menunjukkan ketertarikan transaksi digital perbankan, dimana 85 persen nasabah menyatakan memiliki preferensi dalam transaksi digital,” pungkasnya.(arm)

Exit mobile version