Ekonomi

Penguatan Ekonomi Perempuan Kepala Keluarga Melalui PEKKA Mart

Kemitraan dengan dunia usaha menjadi bagian dari Sinergi bersama dengan seluruh stakeholder baik pemerintah pusat maupun daerah, lembaga masyarakat, dunia usaha dan media; yang selama ini dilakukan oleh Kemen PPPA dalam mewujudkan Indonesia maju dan bersama-sama membangun sistem yang ramah bagi perempuan.

Selanjutnya, Nararya Soeprapto, selaku Senior Director PT. Procter & Gamble Home Products Indonesia mengungkapkan bahwa program ini tentunya sejalan dengan dasar P&G sebagai suatu perusahaan, yakni memberi kembali kepada masyarakat, dan juga pemberdayaan perempuan.

“Melalui program PEKKA Mart ini, kami yakin akan meningkatkan kemampuan anggota komunitas PEKKA untuk mengelola dan mengembangkan PEKKA Mart itu sendiri. Selaras dengan hal tersebut, kami akan terus berupaya untuk berinvestasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia dengan konsisten menjalankan program-program serta tanggung jawab sosial yang memberikan dampak berarti bagi komunitas di sekeliling kami. Terus berdedikasi untuk masyarakat Indonesia, program ini tentunya merupakan pendorong semangat untuk kebaikan dan pertumbuhan; force for good, force for growth,” tutur Nararya.

Hal ini disambut baik oleh Romlawati, Co-Executive Direktur Yayasan PEKKA yang menyampaikan bahwa selama ini PEKKA telah memperkuat kepemimpinan kepala keluarga dalam mengorganisir masyarakat, memperbaiki sentra kegiatan ekonomi termasuk unit produksi serta meningkatkan kemampuan komunitas PEKKA untuk mengelola PEKKA Mart.

Upaya bersama ini bisa menjadi gerakan untuk cinta produk local, budaya beli di warung tetangga, pengutamaan produk local dengan fokus pemasaran di tingkat lokal melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Sebagai langkah awal kemitraan ini, PEKKA akan melakukan pemetaan, pelatihan serta pendampingan di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Batang dan Kabupaten Trenggalek.

Lebih lanjut Nararya menyampaikan bahwa memberikan dampak berarti kepada komunitas merupakan salah satu pilar Kemanusiaan (citizenship) P&G. Selain itu, mengeliminasi hambatan untuk perempuan dan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan adalah pilar Kemanusiaan P&G.

Dengan terus berkomitmen secara konsisten menerapkan nilai-nilai kemanusiaan P&G, kedepannya, kami berharap para penerima manfaat program ini dapat memanfaatkan hasil pembelajaran guna kembali meningkatkan perputaran ekonomi di masyarakat lokal. Hadirnya para volunteers P&G Indonesia dalam membantu pelatihan ini, akan membantu masyarakat semakin tangguh dan terus kreatif dalam mengembangkan unit usaha Warung yang telah didirikan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Indra Gunawan bahwa upaya kolaborasi ini merupakan upaya mendorong pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi yang dapat memicu laju perekonomian serta mendukung ketahanan ekonomi. Upaya penanggulangan kemiskinan harus bisa mendorong peningkatan partisipasi dan kesejahteraan perempuan. Oleh karena itu, kesetaraan gender perlu menjadi perhatian seluruh pihak dalam bidang ekonomi, khususnya dunia usaha yang merupakan sektor utama pembangunan. Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam ekonomi juga sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan ketidaksetaraan perempuan dalam pembangunan, untuk mempercepat peningkatan kualitas keluarga. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button