Ekonomi

Ini Beberapa Syarat yang Diperlukan untuk Dapatkan Insentif Pajak PPN DTP

Besarnya insentif PPN DTP diberikan atas penyerahan rumah tapak atau rusun dengan harga jual paling tinggi Rp 5 miliar juga memiliki beberapa ketentuan. Pertama, sebesar 100 persen dari PPN yang terutang atas penyerahan rumah tapak atau rusun dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar. Kedua, sebesar 50 persen dari PPN yang terutang dengan harga jual di atas Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar.

Dikatakan agar dapat menikmati insentif ini maka pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan rumah tapak atau rusun harus membuat faktur pajak dan melaporkan realisasi PPN DTP kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Neilmaldrin mengungkapkan insentif pajak tersebut diberikan dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat di sektor industri perumahan. Sebab sektor properti merupakan sektor strategis dan memiliki multiplier effect terhadap berbagai sektor dalam perekonomian sehingga diharapkan sektor ini mampu menyerap tenaga kerja yang besar.

Ketentuan lebih lanjut terkait pemberian insentif PPN rumah tapak dan rusun dapat dilihat di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 103/PMK.010/2021 yang berlaku sejak 30 Juli 2021 serta melalui laman www.pajak.go.id. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button