Ekonomi

Sejumlah Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta Raih Penghargaan GRC dan Performance Excellence Award 2021

“Manfaat dari penerapan GRC tidak diragukan lagi, antara lain dapat sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan”, ujar Dewi.

GRC & Performance Excellence Award 2021 ini diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan Swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun GRC dari perusahaan-perusahaan tersebut, dan hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat, yang diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya. Hasilnya 28 perusahaan BUMN, BUMD maupun Swasta yang terpilih oleh dewan juri sebagai pemenang.

Deputi Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko, Nawal Nely menyatakan GRC is quite an important topic di kementerian BUMN. “Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian BUMN meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kayanya.

Dijelaskan, Amanah berarti BUMN mencoba untuk berpegang teguh terhadap kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Kompeten yaitu cakap dan terus belajar mengembangkan kapabilitas. Harmonis berarti pentingnya keserasian dalam kerja sama agar saling peduli dan menghargai perbedaan. Kemudian Loyal berarti mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif mengharuskan insan BUMN untuk berani berinovasi. Dan Kolaboratif, berarti insan BUMN harus membangun kerja sama yang sinergis mengingat masalah sekarang semakin kompleks, maka kita perlu kolaborasi biar tidak kalah dari masalahnya.

Tak hanya berhenti di sana saja, pada Januari 2021 lalu, Menteri BUMN Erick Thohir juga telah meluncurkan buku “Akhlak untuk Negeri” yang ditujukan untuk para insan BUMN agar mengedepankan Akhlak dalam bekerja sehingga BUMN bisa mendunia.

Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

Secara prinsip, GRC menuntut perusahaan agar mampu menjalankan aktivitas tata kelola perusahaan dengan baik, memanajemen risiko perusahaan dan mematuhi perundang-undangan dalam perusahaan. Dengan implementasi GRC tersebut, perusahaan dapat survive dalam kondisi apapun, serta sustain untuk mengembangkan bisnisnya.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami mengapresiasi GRC & Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah BusinessNews Indonesia. Terlebih acara ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan yang hasilnya bisa menjadi tolok ukur perusahaan tiap tahunnya, baik BUMN, BUMD, dan swasta. Selain itu, acara ini juga dapat men-encourage peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” katanya. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button