Ekonomi

Bea Cukai Paparkan Capaian NLE hingga Semester I-2021

INDOPOSCO.ID – Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat mengatakan, National Logistics Ecosystem (NLE) memiliki strategi pembangunan dan rencana kerja yang diupayakan akan selesai pada 2024.

“Dalam tahap penyelesaian rencana kerja tersebut, hingga semester I tahun 2021 NLE telah mengalami beberapa perkembangan capaian yang berdampak pada sistem logistik nasional,” ujar dia, dalam keterangannya, Jumat (9/7).

Syarif memaparkan perkembangan capaian yang pertama yaitu simplifikasi proses bisnis pemerintah melalui Single Submission (SSm), dengan harapan tidak ada lagi repetisi dan duplikasi proses dokumen, terwujudnya integrasi dan harmonisasi kebijakan layanan logistik, serta lalu lintas komoditi dapat terawasi. Sehingga, simplifikasi ini akan berdampak pada biaya administrasi, biaya timbun dan handling.

Sejak diberlakukan pada Juni 2020, SSm Pabean dan Karantina di empat pelabuhan (Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Belawan) hingga April 2021 dinilai mampu mendorong efisiensi biaya timbun dan handling sebesar Rp41,57 miliar dengan efisiensi waktu 17,59 persen dibandingkan pada Mei 2020 sebelum diberlakukan SSm.

Kemudian, untuk SSm perizinan telah diajukan sebanyak 23 dokumen impor vaksin sejumlah total 2,6 juta vial untuk periode Januari – Juni 2021. Juga tercatat sebanyak 259 pengajuan SSm Ekspor Alat Kesehatan dan telah disetujui sebanyak 16.657 permohonan SSm Perizinan Impor Komoditi Covid-19.

Selain itu, ship to ship (STS) – floating storage unit (FSU) di Batam melalui Batam Logistics Ecosystem (BLE) mencapai 56 transaksi untuk periode Oktober 2020-Juni 2021. SSm pengangkut juga telah dilakukan uji coba sistem pada Juni 2021 di Pelabuhan Tanjung Priok.

Capaian kedua, lanjut Syarif, yaitu kolaborasi layanan logistik pemerintah dan swasta, dengan harapan transaksi dapat dilakukan secara langsung melalui berbagai platform, sehingga berdampak pada transparansi pasar, informasi yang simetris, dan hilangnya biaya yang tidak perlu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button