Ekonomi

Tantangan Kadin Bangkitkan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi

Fokus kesehatan-ekonomi

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan pihaknya saat ini akan fokus menangani pandemi COVID-19 melalui program vaksinasi gotong royong, termasuk masalah ekonomi.

Upaya itu dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo dimana program utama yang dilakukan adalah meningkatkan vaksinasi gotong royong sehingga bisa menjaga kesehatan masyarakat dengan harapan ekonomi ke depan berjalan baik.

Ia mengaku pihaknya akan melanjutkan program vaksinasi gotong royong yang sudah dimulai oleh kepengurusan Kadin periode 2015-2021.

“Ini harus kita teruskan. Kita sudah diberi target oleh Presiden agar ke depan ada peningkatan proses vaksinasi yang akan dilakukan Kadin Indonesia untuk membantu bangsa Indonesia,” ujar Arsjad.

Sementara itu, dalam penanganan masalah ekonomi, ia mengaku akan membawa investor untuk berinvestasi hingga ke daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Arsjad berkomitmen akan menciptakan pengusaha baru di daerah termasuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Ke depan yang diperlukan adalah para pengusaha, karena mereka akan menciptakan lapangan pekerjaan agar roda perekonomian bisa berjalan.

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Kadang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie mengatakan saat ini tugas Kadin memastikan akan bermitra bersama pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional.

“Jadi tugas Kadin adalah memastikan bisa bermitra strategis dengan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya dalam bidang kesehatan dan ekonomi,” kata Anindya usai Sidang Pleno Munas Ke VIII Kadin di Kendari, Kamis (1/7/2021).

Kadin akan memikirkan solusi terhadap tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini akibat pandemi COVID-19 dan harus benar-benar memikirkan bagaimana ekonomi nasional yang sangat tidak gampang, apalagi sudah dimulai PPKM darurat.

Anindya menuturkan pihaknya akan mendukung Ketua Umum dan pengurus Kadin Indonesia periode 2021-2021 dalam melaksanakan tugas dan bagaimana fungsi dan peran Kadin difokuskan untuk pemulihan ekonomi nasional.

Dalam penanganan ekonomi, Kadin akan mendorong pelaku UMKM di seluruh daerah se-Indonesia agar bisa bangkit, berkembang, dan naik kelas hingga mengadopsi teknologi digital.

Sementara dari sisi penanganan masalah kesehatan, Anindya menuturkan perlu ada industri kesehatan sehingga tidak lagi mengimpor dari luar negeri.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 dapat membantu pemerintah dalam pertumbuhan perekonomian.

Dalam konteks ekonomi tantangan ke depan sangat besar, pertumbuhan ekonomi nasional kita di kuartal pertama masih terjadi defisit 0,75 persen. Pertumbuhan ekonomi global pun masih belum terlalu menggembirakan.

Ia menyampaikan, harapan pemerintah pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua bisa tumbuh sampai 7 persen.

Saat ini PPKM Darurat sudah diberlakukan. Jadi diperkirakan pertumbuhan maksimal 7 persen menggambarkan esensi dari kolaborasi semua pihak.
​​​​
Dalam konteks itu Kadin diharapkan segera membuat pengurus dan menyusun program kerja agar bergerak bersama pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekonomi.

Pemilihan ketua umum dalam proses Munas hanya bagian langkah awal dalam proses mengarungi samudra perjuangan organisasi. Munas hanya menetapkan tiga hal program kerja yakni anggaran dasar dan pemilihan ketua umum dan formatur.

Meski demikian, pemerintah tidak akan mungkin berjalan sendiri tanpa ada dunia usaha.

Untuk itulah, Kadin mempunyai posisi yang sangat strategis dari semua asosiasi, pasalnya semua himpunan yang mempunyai landasan yuridis undang-undang hanya Kadin.

Bisa jadi, Munas VIII Kadin di Kendari ini adalah antiklimaks dari pertarungan panjang. Tidak perlu ada dinamika agar semua bisa berkembang ke depan secara baik.

Ada yang harus bertanding untuk bersanding, dan tidak ada perseturuan di dalam Kadin.

Saat ini, menangani masalah kesehatan menjadi hal utama yang harus dilakukan, sebab jika masyarakat sehat maka aktifitas dapat berjalan normal, yang pada akhirnya roda perekonomian juga akan berjalan sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik pada tahun 2021. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button