Ekonomi

Awal Pekan, IHSG Terkoreksi Menembus Bawah Level Psikologis

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan terkoreksi menembus ke bawah level psikologis 6.000.

IHSG dibuka melemah 47,16 poin atau 0,78 persen ke posisi 5.959,97. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 13,21 poin atau 1,53 persen ke posisi 849,95.

“Indeks saham di Asia pagi ini dibuka turun setelah minggu lalu indeks S&P 500 mencatatkan kinerja mingguan terburuk sejak bulan Februari karena investor mencerna proyeksi ekonomi terkini dari The Fed dan khawatir kenaikan suku bunga acuan di AS akan terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan,” tulis Tim Riset Phillip Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin (21/6), dikutip dari Antara.

Ditambah lagi, pada Jumat (18/6) lalu, Presiden Federal Reserve Bank St. Louis James Bullard mengatakan bahwa bank sentral AS telah memulai diskusi mengenai pengurangan (tapering) dari program pembelian obligasi selama masa pandemi.

Bullard juga mengatakan, perubahan sikap The Fed adalah tanggapan alami dari pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi yang lebih cepat dari ekspektasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button