Ekonomi

Kementerian PUPR Optimalkan Pelaksanaan Kegiatan di Ditjen Perumahan Khususnya di Wilayah Pulau Kalimantan

Kedua sesi desk yang dibagi menjadi 2 desk, desk Balai Pelakasanaan penyediaan perumahan Kalimantan I dan Kalimantan 2 dengan tema progres fisik, keuangan dan lelang tahun 2021, Desk sesi 2, dengan tema penghunian dan serah terima aset kegiatan ditjen perumahan tahun anggaran 2021 yang di hadiri 70 peserta berasal dari Dinas sepulau kalimantan dan direktorat jenderal perumahan.

Turut hadir Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertahanan Provinsi Kalimatan Tengah Leonard S Ampung, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Tengah Juni Dwi Astono, kepala Balai P2P Wilayah Kalimantan I Andy Suganda, Kepala subkoordinator Wilayah Kalimantan Utara Yudha Romel Sibero, Kepala Balai subkoordinator Wilayah Kalimantan Timur, Mita, Kepala subkoordinator Wilayah Kalimantan Barat, Niken.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertahanan Provinsi Kalimatan Tengah Leonard S Ampung menjelaskan, dalam RPJMN Tahun 2020 Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan pencapaian presentase rumah layak huni yang harus di capai tahun 2024 sebesar 70,05 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statisik (BPS) periode Maret 2020 yang di gunakan sebagai basis data bidang perumahan provinsi Kalimantan Tengah bahwa kondisi statistik pada tahun 2020 sebanyak 704.873 kepala keluarga sementara itu jumlah rumah layak huni baru mencapai angka 366.112 unit atau 51,97 persen. Dengan demikian jumlah rumah tidak layak huni masih cukup besar yakni sebesar 338.361 unit atau 48.03%. Dari jumlah ini per 14 Juni 2021 ada sebanyak 44.706 unit RTLH berhasil terindentifikasi untuk ditangani.

“Semoga dengan adanya Rapat Koordinasi ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan pelaksanaan kegiatan direktorat jenderal perumahan khususnya di Pulau Kalimantan, dan dapat meningkatkan rumah layak huni yang berada di Wilayah Kalimantan ini,” harapnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button