Ekonomi

BI Optimistis Perekonomian Indonesia Membaik di Triwulan II 2021

Ia menambahkan faktor lainnya yang menjadi momentum perbaikan ekonomi nasional adalah kenaikan permintaan dari China dan AS yang mempengaruhi kinerja ekspor dan peningkatan investasi nonbangunan. Selain itu, menurut dia, kenaikan realisasi belanja fiskal terutama konsumsi pemerintah seperti belanja barang, belanja modal dan bantuan sosial bisa ikut membantu menggerakkan perekonomian.

“Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2021 tetap sesuai dengan proyeksi BI pada April 2021, yakni pada kisaran 4,1 persen-5,1 persen,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah juga meyakini pertumbuhan ekonomi akan mulai masuk pada zona positif pada triwulan II-2021, setelah selama empat triwulan sejak triwulan II-2020, perekonomian terus mengalami kontraksi.

Meski demikian, terdapat pola kenaikan pertumbuhan, mengingat sejumlah pembenahan telah dilakukan pemerintah melalui pemberian sejumlah stimulus maupun bantuan sosial kepada dunia usaha dan masyarakat terdampak pandemi. Sementara itu, pada triwulan I-2021, perekonomian masih tercatat kontraksi sebesar minus 0,74 persen, karena konsumsi rumah tangga dan investasi belum pulih sepenuhnya. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button