Ekonomi

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Tembakau dan Ice Cream Powder

Sedangkan di Kediri, Bea Cukai Kediri memfasilitasi Laxefu ice cream powder yang merupakan produk UMKM milik Titik Umiyati menembus pasar Hongkong melalui mekanisme jasa titipan. Produk UMKM asal kediri tersebut melakukan ekspor pertamanya pada Jumat (07/05).

Humas Bea Cukai Kediri, Hendratno mengatakan sebelum produk bubuk es krim ini dikirim ke luar negeri, Bea Cukai Kediri secara intensif memberikan asistensi terkait ekspor dan tata laksananya. “Dari awal kunjungan kami, Ibu Titik memang bertekad untuk bisa mengenalkan produknya ke luar negeri lewat bantuan diaspora. Saat itu, produknya hanya berupa es krim biasa, untuk ekspor butuh biaya mahal karena perlu kemasan khusus agar es krimnya tidak cair dan pengirimannya juga butuh waktu yang cepat. Kemudian dia berinovasi dengan membuat produk berupa bubuk es krim yang saat ini sudah berhasi diekspor,” terangnya.

Dikatakan Hendratno untuk jumlah produk yang dikirim memang belum terlalu signifikan, tetapi setidaknya bisa dijadikan referensi bahwa produk UMKM Kediri bisa eksis di pasar luar negeri walaupun kondisi ekonomi masih dihempas pandemi. “Semoga hal ini bisa memacu semangat para pelaku UMKM untuk lebih fokus dalam menempa produknya agar mampu menembus pasar global,” ujarnya. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button