Ekonomi

Diteliti Sejak 2012, Kualitas Biota Air di Sungai Batangtoru Masih Terjaga

INDOPOSCO.ID – Penelitian yang dilakukan Pusat Lingkungan dan Kependudukan, Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (USU) sejak 2012 menunjukkan air sisa proses tambang emas Martabe tak berpengaruh signifikan terhadap kualitas biota air di Sungai Batangtoru.

Hasil pemantauan rutin yang dilakukan Departemen Lingkungan PTAR dan Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air pada tambang emas yang dikelola PT Agincourt Resources (PTAR) ini secara konsisten menunjukkan air sisa proses memenuhi baku mutu yang ditetapkan pemerintah.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Lingkungan dan Kependudukan, Lembaga Penelitian USU, sekaligus Guru Besar Departemen Biologi USU, Prof. Dr. Ing. Ternala Alexander Barus saat virtual Media Gathering Ramadan 1442 Hijriah oleh PTAR yang diikuti lebih dari 60 jurnalis dari Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal

“Dari hasil penelitian tersebut, kami mendapatkan bahwa, tidak ada penurunan panjang dan berat ikan sejak penelitian pertama kali dilakukan, yakni sejak Oktober 2012 lalu. Total terdapat 32 spesies ikan yang ditemukan,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/5/2021).

Hasil penelitian ini tak hanya berlaku di Sungai Batangtoru, tapi juga perairan di sekitar wilayah operasional tambang seperti di Aek Pahu Tombak dan Hutamosu.

“Berdasarkan pengamatan saya sejauh ini di industri ekstraktif hanya PTAR yang berkomitmen terhadap pengelolaan lingkungan, hingga melibatkan masyarakat melalui tim terpadu dan secara berkala bekerja sama dengan lembaga independen untuk memantau kualitas biota air,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button