Ekonomi

Berkat PEN, Terjadi Pemulihan Makro Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi 2021 diperkirakan akan meningkat sekitar 4,5 persen hingga 5,3 persen. “Peningkatan tujuh persen diperkirakan akan terjadi pada kuartal kedua 2021. Memang, pekerjaan rumah kita nanti di kuartal kedua, kita juga terus akan mendorong percepatan dari belanja dan belanja ini tidak hanya belanja PEN, tapi belanja dari Kementerian/Lembaga,” kata Kunta.

Pernyataan Kunta ini didukung juga oleh Piter Abdullah, Research Director CORE Indonesia. ”Kalau kita bandingkan dengan tahun lalu, tahun ini pencapaian dalam hal penyerapan anggaran PEN jauh lebih baik. Memang Pemerintah sudah sejak awal pandemi, memang fokus sekali dengan realisasi-realisasi anggaran PEN,” ujarnya.

Piter juga mengatakan Pemerintah berupaya meningkatkan konsumsi, terlebih lagi bukan hanya stimulus dalam bentuk bantuan sosial, ada juga stimulus pelonggaran PPnBM, stimulus PPN, itu adalah upaya meningkatkan permintaan, mendorong kelompok masyarakat kelas menengah atas untuk berbelanja. “Masyarakat kelas menengah atas sudah kembali berbelanja. Selama ini mereka simpan di perbankan,” tandas Piter. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button