Ekonomi

Mendag Jamin Harga Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Ramadan

Selain itu untuk harga bawang putih berada pada harga yang sama dengan bawang merah, yakni di kisaran Rp 18.000-Rp 21.000 per kilogram, yang artinya di pasar ritel harga hanya akan bertambah Rp 1.000 per kilogram. Sehingga harga ketika sampai ke pelanggan masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 32.000-Rp 35.000.

Terkait harga cabai yang rentan, Mendag tengah berupaya mencari formulasi agar harganya tak mudah bergejolak ketika panen maupun paceklik. “Kalau cabai kan saya utarakan, bahwa ini barang yang sangat bergejolak ketika panen dan paceklik. Jadi saya berupaya supaya barang ini bisa bertahan lebih lama dan pola tanamnya supaya bisa dipisahkan. Supaya, jangan lagi ketika panen bersamaan harga jatuh namun ketika paceklik harga naik,” papar Mendag.

Pada kesempatan tersebut Mendag memastikan belum ada mengambil tindakan impor untuk berbagai kebutuhan pokok, mengingat pasokan sudah dapat dipenuhi dari dalam negeri.

“Kalau saya rasa sekarang kalau kita lihat semuanya, semua barang sudah tersedia. Kalau saya lihat harga beras tadi juga, yang premium itu semua harganya stabil. Jadi, mungkin semua bisa tercukupi dari dalam negeri jadi tidak perlu impor,” pungkas Mendag. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button