Ekonomi

Bea Cukai Bantu Tiga Komoditas Daerah Ini Go Internasional

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai berkomitmen untuk terus mencari pasar-pasar potensial baru untuk ekspor produk-produk dalam negeri. Mengingat Indonesia memiliki potensi ekspor yang besar, baik dari sisi keragaman produk komoditas kreativitas dan kualitas, serta volume dan tujuan negara ekspor. Sikap proaktif Bea Cukai dalam menjaring pasar-pasar baru untuk memperluas ekspor dilaksanakan dalam rangka mendukung pemerintah pada program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Tercatat, di bulan Maret 2021 tiga kantor pelayanan Bea Cukai telah membantu terlaksananya ekspor perdana komoditas daerah, mulai dari permen jahe organik, pupuk urea, hingga petai.

Di Surakarta, salah satu perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM) di bawah pengawasan Bea Cukai Surakarta, PT Indo Tropikal Grup, telah melaksanakan ekspor perdana pada tanggal 4 Maret 2021. Komoditas yang diekspor perusahaan tersebut ialah jahe organik dengan tujuan ekspor Amerika.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso, pada Selasa (9/3/2021) mengatakan PT Indo Tropikal Grup telah memanfaatkan fasilitas KITE IKM dengan baik, “Fasilitas yang disediakan Bea Cukai dalam rangka menunjang para pelaku IKM agar dapat bersaing di pasar internasional ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan. Semoga ke depannya PT Indo Tropikal Grup terus dapat mengembangkan produk permen jahe organik untuk memenuhi permintaan pasar dan kerja sama dengan pemerintah dapat terjalin semakin kuat.”

Tak hanya permen jahe organik, di Padang komoditas petai hasil produksi UMKM daerah padang juga dibantu ekspornya oleh Bea Cukai Telukbayur. Bekerja sama dengan PT Aspac Cargo, pada tanggal 5 Maret 2021 Bea Cukai mengekspor 24 kilogram petai ke Jepang. Sebelumnya, di bulan Februari 2021 telah dilaksanakan ekspor jengkol dengan tujuan negara yang sama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button