Ekonomi

Gandeng Pemda, Bea Cukai Jaring Pasar Ekspor Baru

Upaya berkesinambungan menggali potensi ekspor juga dilancarkan Bea Cukai Pasuruan dengan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pasuruan, serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan. Bea Cukai dan tiap-tiap instansi pemda mensinergikan kegiatan untuk meningkatkan kuantitas ekspor IKM di Kota Pasuruan.

Selanjutnya Sudiro juga menyebutkan langkah yang diambil Bea Cukai Pangkalpinang dalam mewujudkan kegiatan ekspor lada yang dapat dilakukan langsung dari Provinsi Bangka Belitung, baik yang melalui Pelabuhan Pangkal Balam maupun dari Pulau Belitung, sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. “Bea Cukai beriringan langkah dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melakukan konsolidasi dan sinkronisasi data perdagangan lada, baik yang diekspor maupun antar pulau, untuk mewujudkan direct export lada dari provinsi tersebut,” katanya.

Terakhir, Sudiro menjelaskan tentang gelaran sosialisasi ekspor dan sharing session bertema “Gerakan Flores Mengekspor” yang dilaksanakan Bea Cukai Maumere dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Dalam kegiatan tersebut para pelaku IKM diajak untuk mengenal definisi, manfaat, siapa, jenis barang dan syarat apa saja yang dibutuhkan dalam hal ekspor. Selain itu disampaikan juga bagaimana cara memulai ekspor serta fasilitas-fasilitas apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan ekspor. Selanjutnya pada sesi sharing session dilakukan pembahasan bersama mengenai potensi ekspor dan program-program apa saja yang segera dapat dilakukan bersama untuk merealisasikan kegiatan ekspor khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.

Sebagaimana diketahui, Bea Cukai, selain bertugas melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal juga mempunyai tanggung jawab untuk memajukan daerah melalui kegiatan ekspor, maka dari itu Bea Cukai akan terus melakukan sinergi dengan pemda dan pihak-pihak lainnya dalam memberikan edukasi kepada pelaku usaha atau masyarakat untuk mendorong ekspor. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button