Ekonomi

Mengenal Bendungan Tukul Karya Brantas Abipraya

INDOPOSCO.ID – Usai diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Minggu (14/2/2021), Bendungan Tukul karya kontraktor BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PT Brantas Abipraya (Persero) ini siap digunakan untuk irigasi, sumber air baku dan pengendalian banjir. Menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), bendungan ini terletak di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

“Bendungan ini dibangun dengan tipe urugan zonal dengan inti kedap air, diharapkan dapat mengairi irigasi seluas 600 hektar,” ucap Direktur Utama Brantas Abipraya, Bambang E. Marsono, dalam keterangannya, Selasa (16/2/2021).

Bambang menambahkan, panjang bendungan yang mulai dibangun tahun 2013 ini adalah 233 meter, dengan lebar puncak bendungan 10 meter dan tinggi bendungan 70,3 meter. Kapasitasnya yang mencapai 8,7 juta meter kubik ini dapat bermanfaat sebagai penyedia air baku sebesar 300 liter per detik, reduksi banjir sebesar 42,21 M kubik/detik, dan dapat menjadi penghasil listrik sebesar 2×132 kilowatt, juga konservasi sumber daya air dan pariwisata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button