Ekonomi

Bea Cukai Dorong Ekspor Dari Berbagai Daerah

“Kami berharap, kondisi seperti ini mendapat perhatian dari pemerintah, dan kami mengapresiasi fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai yang memudahkan proses bisnis perusahaan kami,” tambah Undang.

Sementara Bea Cukai Bitung menyambangi CV. Ken Jaya Perkasa di Minahasa Utara untuk memberikan sosialisasi terkait ketentuan ekspor, fasilitas kepabeanan, dan inisiasi direct call dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung. Perusahaan ini bergerak dalam pengolahan ikan dan hewan laut lainnya yang berorientasi ekspor.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Julianto Firdaus menyampaikan, pihaknya berharap melalui kunjungan ini dapat mempererat silaturahmi dengan pengguna jasa sehingga pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal, dan perusahaan dapat melakukan ekspor langsung secara berkelanjutan. “Yang terpenting, kami terus mengingatkan bahwa seluruh layanan Bea Cukai tidak dipungut biaya alias free of charge,” katanya.

Pada kesempatan ini pula, Kepala Seksi Perbendaharaan Kantor Bea Cukai Ambon, Dwi Yogo Hardiyanto, berkunjung ke CV. Mainusu. Perusahaan ini memiliki potensi ekspor cengkeh dan buah pala dari Provinsi Maluku. Melalui kegiatan ini diharapkan CV. Mainusu dapat melakukan kegiatan ekspor dan meningkatan devisa negara, serta membuka ladang usaha untuk petani kebun, agar dapat memajukan perekonomian Provinsi Maluku.

Bea Cukai Kotabaru juga melaksanakan kegiatan CVC ke PT. Sebuku Iron Lateritic Ores yang berlokasi di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari Pulau Laut, Kepala Kantor Bea Cukai Kotabaru, Bambang Lusanto Gustomo, bersama tim melakukan pemantauan pembangunan fisik smelter perusahaan tersebut, sekaligus melihat langsung proses produksi barang ekspor.

“Meskipun di tengah pandemi, kami berharap semua pengguna jasa dapat tetap menjalankan proses ekspor atau impor dengan kemudahan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai, untuk mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Bambang. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button