Ekonomi

Bea Cukai Dorong Ekspor Dari Berbagai Daerah

INDOPOSCO.ID – Untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi sebagai pendukung majunya dunia industri di Indonesia, Bea Cukai mengadakan kegiatan Customs Visit Customer (CVC) di beberapa daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi dengan pengguna jasa terkait kendala proses bisnis dalam bidang kepabeanan, dan mendorong perusahaan untuk melakukan ekspor dengan memanfaatkan fasilitas dari Bea Cukai.

Seperti yang dilaksanakan Bea Cukai Lampung mengunjungi PT. Sumber Indah Perkasa yang berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan. Pada kegiatan ini Bea Cukai Lampung juga memberikan penghargaan atas capaian perusahaan sebagai penghasil devisa ekspor terbesar pada tahun 2020.

“Kami berharap pelayanan yang diberikan semakin baik, dan dengan adanya sistem elektronik dalam pelayanan dan pembayaran pungutan dapat mengefisensi produktivitas ekspor perusahaan,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Lampung,
Esti Wiyandari.

Selain itu, Bea Cukai Tasikmalaya juga melaksanakan kunjungan ke perusahaan penerima fasilitas KITE IKM, tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong peningkatan ekspor dana memperkuat sinergi dengan pengguna jasa. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (09/02) ke PT. Tjiwulan Putra Mandiri dan PT. Goenoeng Poetri Lestari yang berlokasi di Kota Tasikmalaya.

Kepala Kantor Bea Cukai Tasikmalaya, Indriya Karyadi, dalam kunjungan ini mengatakan, Bea Cukai akan terus mendorong perusahaan IKM untuk meningkatkan ekspor untuk membantu memulihkan kondisi perekonomian negara. “Kami berharap melalui CVC ini kendala terkait ekspor yang dialami dapat diminimalisir,” katanya.

Pada kesempatan itu pimpinan dari PT. Tjiwulan Putra Mandiri, H. Undang Zarkasih, mengungkapkan kendala yang dialami perusahaannya terkait kelangkaan container, juga sulitnya mendapatkan space kapal karena jumlah trip kapal yang berkurang selama masa pandemi, dan ongkos sea way yang meningkat tajam antara 200 sampai 400 persen kenaikan harganya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button