Ekonomi

Pertamina Siap Kembangkan Ekosistem Industri Baterai di Indonesia

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina (Persero) bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Indonesia Battery Holding (IBH) tengah serius dan fokus dalam pengembangan ekosistem Electrical Vehicle (EV) di Indonesia dengan percepatan pembangunan EV Battery.

Dalam pengembangan ekosistem dan pembangunan EV battery di Indonesia, BUMN akan menjalankan tujuh tahapan di antaranya: mining, refining, precursor plant, cathode plant, battery cell, battery pack dan recycling.

Pertamina sendiri bergerak pada empat lini tengah yakni, precursor, cathode, battery cell, dan battery pack. Sementara pada tahap recycling, Pertamina akan bersinergi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Adapun di hulu, akan menjadi lingkup kerja PT Antam bersama Inalum.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina akan memastikan tahapan dan langkah dalam pengembangan EV Battery berjalan dengan baik. Pada 2021, Pertamina beserta tiga BUMN lainnya akan membentuk perusahaan patungan (Joint Venture) Indonesia Battery Corporation/IBC. Pertamina juga sudah bekerja sama dengan dua perusahaan global. Saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button