Ekonomi

Jaga Stabilitas Produk, Paskomnas Siap Sediakan Tenaga Pendidik bagi Mitra Petani

Dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan dan produktivitas petani. Salah satu bentuk kolaborasi dan dukungan itu diberikan Kementan kepada Pilot project closed-loop yang diinisiasi Komite tetap pengembangan hortikultura Kadin Indonesia bekerjasama dengan IPB, Universitas Padjadjaran, Pupuk Kujang, perusahaan benih East West Indonesia, AACI, dan petani milenial Eptilu Kabupaten Garut.

Kini, project tersebut bergerak di bagian hilir untuk menata produksi sesuai dengan peluang pasar. Selain Garut project close loop dikembangkan di kabupaten Sukabumi dan ke depan juga di Jawa tengah dan Jawa Timur, serta Bali.

Pilot project closed-loop merupakan suatu pendekatan untuk mendorong perkembangan agribisnis berkelanjutan melalui ekosistem digital.

Dukungan ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa perlu adanya terobosan yang inovatif dan terintegrasi dari hulu hingga hilir untuk pengembangan produk hortikultura.

“Pengembangan hortikultura harus ditempuh dengan terobosan khusus atau dengan cara-cara extraordinary dan inovatif. Pendekatannya juga harus holistik, terintegrasi hulu hingga hilir,” papar Sahrul. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button