Ekonomi

Dorong Produktivitas UMKM dan IKM, Bea Cukai Beri Asistensi Ekspor

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai mendorong produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) dengan menggelar sosialisasi dan asistensi terkait ekspor di berbagai wilayah. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kantor Wilayah Bea Cukai Riau dan Bea Cukai Bengkalis bersama dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkalis melakukan kunjungan kepada UMKM Pinang Super yang melakukan produksi pinang bertempat di Jalan Antara, Kabupaten Bengkalis, pada Selasa (26/1/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan customs visit custumer dalam rangka mendorong program PEN dan sejalan dengan fungsi Bea Cukai sebagai trade fasilitator dan industrial assistance.

Sosialisasi di Bengkalis ini, lanjut dia, untuk menggali potensi ekspor pinang dan asistensi terkait fasilitas pusat logistik berikat (PLB) demi mengurangi biaya  keuangan perusahaan, dengan melakukan pemuatan barang ekspor di Pekanbaru melalui PLB untuk mendapatkan kemudahan pembebasan PPN.

“Kegiatan ini sekaligus untuk melakukan asistensi dan sosialisasi kepada pengusaha khususnya pengusaha UMKM demi meningkatnya geliat ekonomi,” ujar Hatta.

Menurutnya, dengan berdirinya PLB di lingkungan Kanwil Bea Cukai Riau, dapat meningkatkan ekspor komoditi Bengkalis bagi pengusaha IKM dan UMKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button