Ekonomi

Ekonom: Sudah Waktunya Harga Tes Pemeriksaan Covid Dibuat Terjangkau

INDOPOSCO.ID – Ekonom Universitas Indonesia, Haryadin Mahardika menilai sudah waktunya harga tes- tes pemeriksaan Covid- 19 seperti tes PCR dibuat sangat terjangkau bagi masyarakat.

“Menurut saya sudah waktunya harga tes PCR dan antigen dibuat sangat terjangkau bagi masyarakat,” ujar Haryadin kepada Antara di Jakarta, Ahad (15/8).

Dia juga menambahkan langkah Presiden RI Joko Widodo yang meminta harga tes PCR turun dinilai tepat karena sudah waktunya pemerintah turun tangan mengatur harga tes pemeriksaan Covid- 19 agar biaya produksi atau cost production tes-tes pemeriksaan tersebut menjadi terbuka dan transparan bagi publik serta bisa diaudit.

“Siapapun bisa mengetahui dan mudah untuk mendapatkan informasi terkait berapa komponen biaya tes PCR dan antigen,” tuturnya.

Ekonom itu juga menyarankan agar penguasa menguatkan bimbingan terpaut penyusutan harga tes- tes pengecekan Covid-19 itu dengan penentuan regulasi hal harga batasan paling tinggi buat uji PCR serta antigen, dan diperkuat pula oleh Departemen Kesehatan dengan menerbitkan harga referensi sah buat tes- tes pengecekan Covid-19.

“Jika telah diatur dengan cara sah itu hingga warga hendak lebih suka serta menyambut,” ucap Haryadin.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta agar harga maksimal tes “PCR” (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi Covid-19 adalah sebesar Rp550 ribu dan hasilnya dapat diketahui maksimal 1×24 jam.

Tes PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi DNA virus. WHO juga merekomendasikan metode tes PCR untuk mendeteksi Covid-19. (arm)

Sponsored Content
Back to top button