Nasional

Dukung Pengembangan, Menkop UKM Apresiasi Kepala Daerah dan Tokoh Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, rencana pengembangan ekonomi dalam lima tahun ke depan (RPJMN 2020-2024) menargetkan kontribusi koperasi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 5,5 persen.

“Target lainnya yakni pengembangan 500 koperasi modern pada 2024 nanti,” kata Teten Masduki dalam peringatan HUT Koperasi ke-74 secara daring, Senin (12/7/2021).

Untuk mewujudkan koperasi sebagai entitas bisnis modern, kontributif dan kompetitif, menurut Teten, pihaknya melakukan pengembangan koperasi. Seperti pengembangan model bisnis koperasi melalui korporatisasi dan pengembangan sektor dengan kemitraan terbuka.

“Kami juga lakukan pengembangan koperasi multipihak dan penguatan kelembagaan dan usaha anggota koperasi,” katanya.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (Ratas) menginginkan agar Kementerian/ lembaga, pemerintah daerah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Salah satu program tersebut melalui koperasi.

“Salah satunya sudah dilakukan pengembangan komunitas kacang kol di Sumedang, sayur mayur dan buah-buahan di Ciwidey, Jawa Barat, komunitas pisang di Tanggamus, Lampung, Aceh dan Lumajang, Jawa Timur. Ini berkat kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan pemerintah daerah,” terangnya.

“Kemudian pengembangan komunitas udang pangan di Muara Gembong, Jawa Barat, udang Windu di Pinrang, Sulawesi Selatan, pengembangan sapi perah dan susu di Batu Malang, Jawa Timur dan di Jawa Barat,” imbuhnya.

Pengembangan komunitas lainnya, masih ujar Teten, di antaranya komunitas ayam dan telur. Pengembangan komunitas ayam dan telur ini, menurutnya, perlu dilakukan di daerah. Karena angka stunting di daerah masih tinggi.

“Dukungan pada pengembangan koperasi, kami berikan apresiasi kepada tokoh kepala daerah, tokoh gerakan koperasi, tokoh masyarakat dalam pembinaan koperasi dan UKM,” bebernya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button