Nasional

Dukung Inovasi, Kapuspen: Program Vaksin Nusantara Bukan Program dari TNI

INDOPOSCO.ID – Program vaksin Nusantara bukan program dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Namun TNI mendukung dengan catatan telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pernyataan tersebut di atas diungkapkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Achmad Riad dalam keterangan, Senin (19/4/2021). Ia menuturkan, ada tiga kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPOM yang harus dipenuhi yaitu keamanan, etifikasi dan kelayakannya.

Selain itu, lanjutnya, perlu pengurusan perizinan kerja sama antara TNI dengan berbagai pihak dan penggunaan fasilitas kesehatan dan tenaga ahli kesehatan atau peneliti. “Mekanisme kerja sama akan diatur sebagai dasar hukum atau legal standing dan tanpa mengganggu tugas-tugas kedinasan atau tugas pokok satuan,” ujarnya.

Ia mengatakan, TNI telah berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki baik Personel TNI maupun Alutsista dan prasarana lainnya seperti pemanfaatan Rumah Sakit TNI di seluruh Indonesia, sebagai Vaksinator dan tracer.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button