Headline

Dugaan Kekuatan Besar Lindungi Harun Masiku, Pengamat: Negara telah Beralih Negara Kekuasaan

INDOPOSCO.ID – Melihat kasus Harun Masiku, negara Indonesia telah beralih menjadi negara kekuasaan. Dugaan kekuatan besar melindungi HM, sehingga tidak bisa ditangkap.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Dr Ismail Rumadan melalui gawai, Kamis (3/6/2021).

Apalagi, menurut Ismail, banyak penegak hukum yang berintegritas telah disingkirkan dari komisi pemberantasan korupsi (KPK). Padahal, mereka sangat serius dan komitmen menegakkan hukum.

“Orang-orang ini (penegak hukum berintegritas) momok dan ancaman bagi para koruptor. Dengan berlindung dibalik kekuasaan, mereka disingkirkan oleh para koruptor,” katanya.

Ia melihat, negara hukum di Indonesia hanya slogan semata di atas kertas konstitusi. Sebab tindakan nyata kini telah dikuasai oleh para penguasa.

“Presiden Jokowi harus secepatnya memperkuat KPK dan memberikan peran penting kepada KPK. Sehingga penegakan hukum tidak pandang bulu dan tebang pilih,” ucapnya.

Sebelumnya, KPK menindaklanjuti adanya informasi yang menyebut mantan Caleg PDIP Harun Masiku berada di Indonesia.

“Beberapa waktu lalu ada informasi bahwa dia (HM) masuk ke sini, ada yang menyampaikan seperti itu. Ya tentunya informasi itu kami tindak lanjuti,” kata Plh Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Setyo Budiyanto.

Harun Masiku adalah tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan Anggota DPR RI terpilih Tahun 2019-2024 yang sudah berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Januari 2020 lalu. (nas)

Sponsored Content
Back to top button