Megapolitan

Dua Wilayah Jakarta Pusat Berpotensi Langgar Prokes Iduladha

INDOPOSCO.ID – Sedikitnya dua daerah di Jakarta Pusat (Jakpus) berpotensi melanggar aturan kesehatan (prokes) dan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat disaat peringatan Idul Adha 1442 Hijriah.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menjelaskan Kelurahan Kramat, Senen serta Johar Baru berpotensi melakukan Shalat Idul Adha berjamaah di masjid, dan pemotongan hewan kurban yang akan mengakibatkan kerumunan.

“Kramat serta Johar Baru yang kita amati dan tentu ini yang telah kita data. Kita telah memiliki data dari Kementerian Agama, masjid-masjid mana saja yang telah melaporkan kepada mereka, kita monitor langsung,” ujar Irwandi usai menghadiri kegiatan apel di Kawasan Monas Jakarta Pusat, Senin (19/7/2021).

Irwandi menjelaskan kalau pihaknya sudah melaksanakan evaluasi terkait masjid-masjid yang melakukan Shalat Jumat selama PPKM Darurat.

Tidak hanya melakukan monitoring, Pemkot Jakarta Pusat bersama 3 pilar melakukan mediasi hingga ke masjid-masjid yang didatangi lurah ataupun camat setempat.

“Kita melibatkan FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), tokoh-tokoh masyarakat, seluruhnya telah kita lakukan. Kita akan lihat besok( 20/7) pelaksanaan bagaimana, akan kita lakukan secara persuasif dan humanis,” ujar Irwandi.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat juga telah mendeteksi masih ditemukannya masjid di Jakarta Pusat yang akan melangsungkan Shalat Idul Adha secara jamaah.

“Dari deteksi intelijen di Jakarta Pusat masih ada sebagian tempat akan melakukan Shalat berjamaah serta pemotongan hewan kurban yang intinya tidak sesuai dengan imbauan dari Kementerian Agama dan Gubernur DKI,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi.

Pihaknya bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Pusat serta tokoh agama sudah berkoordinasi memberikan imbauan, supaya tidak melakukan aktivitas serta mengikuti imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Imbauan itu tertuang dalam Seruan Gubernur DKI Jakarta No 11 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada Masa Pemberlakuan PPKM Darurat Covid-19.

Tidak hanya itu, Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 36 Tahun 2020 mengenai Shalat Idul Adha serta Pemotongan Hewan Kurban disaat Wabah Covid- 19. Kemudian, Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 14 Tahun 2020 mengenai Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button