Nasional

Dua Teman Edhy Prabowo Kerap Minta Pekerjaan di KKP

INDOPOSCO.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kerap didatangi dua temannya yang meminta pekerjaan di kementerian tersebut. Itu sebabnya kedua teman Edhy Prabowo yang bernama Nursan dan Amri itu lalu dimasukkan ke dalam kepengurusan PT. Aero Citra Kargo (ACK) yang merupakan satu-satunya perusahaan kargo untuk mengekspor benih bening lobster (BBL).

“Amri dan Nursan itu temannya Pak Menteri,” kata Staf Khusus Menteri Kelautan Safri di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta seperti dikutip Antara, Rabu (24/2/2021)..

Safri menyampaikan hal tersebut melalui sambungan video conference saat menjadi saksi untuk terdakwa Direktur PT. Dua Putera Perkasa Pratama (PT. DPPP) Suharjito yang didakwa memberikan suap senilai total Rp 2,146 miliar yang terdiri dari 103 ribu dolar AS (sekitar Rp1,44 miliar) dan Rp706.055.440 kepada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

“Dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saudara mengatakan ‘Pada Mei 2020 saya mendapat cerita dari Amiril, sekretaris Pak Menteri bahwa saudara Amri dan Nursan tidak punya pekerjaan dan minta saya untuk dapat pekerjaan. Amri adalah teman Edhy Prabowo saat bekerja di perusahaan milik Pak Prabowo, sedangkan Nursan adalah teman dekat Edhy Prabowo’, betul?” tanya jaksa penuntut umum (JPU) KPK Siswhandono.

“Betul. Amiril menceritakan ke saya terkait Edhy Prabowo untuk memasukkan Nursan dan Amri untuk masuk ke PT ACK,” jawab Safri.

“Ini perusahaan Pak Prabowo maksudnya Edhy Prabowo atau Prabowo yang lain?” tanya jaksa.

“Prabowo yang lain,” jawab Safri.

Menurut Safri, Amiril menceritakan hal itu ketika keduanya berada di kantor di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Dalam BAP saudara mengatakan ‘Amiril berkoordinasi langsung dengan PT ACK agar memasukkan 2 nama tersebut ke struktur pengurus PT ACK. Amri dan Nursam berhasil masuk ke PT ACK pada Juni 2020, diduga masuknya Amri dan Nursan sebagai nominee tapi saya tidak tahu pembagian deviden karena yang membagi adalah Amiril dan Andreau’, betul?” tanya jaksa Siswandono.

“Betul, itu saya dapat keterangan dari Amiril,” jawab Safri.

“Yakin?” tanya jaksa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button