Megapolitan

Dua Desa di Bogor Terendam Banjir, 95 Orang Mengungsi

INDOPOSCO.ID – Banjir yang merendam dua desa di wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, telah surut. Namun, masih menyisakan material lumpur di sejumlah rumah.

“Menyisakan lumpur rumah-rumah warga yang terdampak. Kedua desa berada di kecamatan yang berbeda,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Selasa (10/8/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, warga membutuhkan peralatan untuk membersihkan material tersebut.

Banjir tersebut berdampak di Desa Dago Hilir yang terletak di Kecamatan Parung Panjang dan Desa Rengasjajar di Kecamatan Cigudeg.

“Laporan BPBD pada hari ini, mencatat adanya pengungsian di Desa Rengasjajar dengan jumlah 25 KK atau 95 jiwa,” imbuhnya.

BPBD setempat mencatat total keluarga terdampak berjumlah 54 KK (255 jiwa), dengan rincian di Kecamatan Parung Panjang 22 KK (80) dan Cigudeg 32 KK (175).

Sedangkan dampak material, BPBD mencatat 22 unit rumah terdampak dan 1 jembatan penghubung antara Kampung Dago Hilir dan Dago Girang terputus di Kecamatan Parung Panjang.

“Dampak banjir di Kecamatan Cigudeg menyasar 32 unit rumah dan 1 unit fasilitas pendidikan,” ujarnya.

Banjir terjadi pada Senin (9/8/2021) kemarin pukul 02.00 WIB. Banjir pada dua kecamatan tersebut dipicu salah satunya hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi panjang. (dan)

Sponsored Content
Back to top button