Nusantara

DPRD Jatim Usulkan Sekolah Jadi RS Darurat

INDOPOSCO.ID – Penuhnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit akibat lonjakan kasus positif, menjadi perhatian khusus bagi pemangku kebijakan.

Salah satu upaya yang diwacanakan, sekolah menjadi akternatif untuk menjadi rumah sakit (RS) darurat. Dengan syarat, pembelajaran tatap muka (PTM) harus divastikan tidak digelar.

Jika sekolah dibuat rumah sakit darurat, catatan yang wajib dipenuhi harus ideal mendekati rumah sakit yang standar.

“Saya prihatin sekali sekarang ini situasinya sudah tidak normal, banyak pasien tidak mendapatkan kamar dan pelayanan di rumah sakit sudah tak tersedia. Solusinya salah satunya yaitu menjadikan sekolah yang letaknya terdekat dengan masyarakat sebagai rumah sakit darurat,” kata Ketua komisi E DPRD Jatim Wara Sundari Reny Pramana, Selasa (13/7/2021).

Ia menyebutksn, sekolah yang menjadi rumah sakit darurat harus sesuai pemenuhan standar pelayanan Covid-19. Seperti tersedianya dengan baik tenaga medis dan peralatan medis yang memadai.

“Ketersediaan tabung oksigen dan yang lainnya harus terpenuhi. Jangan sampai masyarakat yang terpapar covid-19 kekurangan oksigen,” ujarnya.

Menurutnya, pandemi merupakan ujian bersama untuk Bangsa Indonesia. Saat ini, semangat gotong royong harus dijalankan dengan cara menjalankan ketat protokol kesehatan.

“Adanya Covid-19 ini telah mengajarkan kepada kita untuk membangun peradaban yang selama ini terlupakan dan mulai menipis yakni budaya gotong royong, tidak semua Kepala Daerah care (peduli), hanya bingung tidak tahu apa yang menjadi prioritas dalam menghadapi musibah ini, semua seakan menjadi beban dan tanggung jawab Pusat,” tuturnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button