Nasional

DPR Peringatkan Pemerintah Kebijakan Pajak Potensi Tumbangkan Rezim Penguasa

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengingatkan, agar Menteri Keuangan (Menkeu) berhati-hati menerapkan kebijakan perpajakan. “Harus berkeadilan bagi rakyat,” tegas Kamrussamad melalui gawai, Kamis (10/6/2021).

Bulan lalu, menurut dia, Menkeu baru saja membebaskan pajak PPnBM bagi masyarakat kelas menengah. Namun kini mengenakan pajak sembako. “Ini mencederai rasa keadilan rakyat,” katanya.

Ia menuturkan, dari berbagai negara banyak penguasa tumbang akibat sistem perpajakan yang mencekik rakyat. Seperti: negara India, Perancis dan Amerika Serikat

Di Perancis misalnya, masih ujar Kamrussamad, pada periode 1774 hingga 1792, Kaisar Perancis, Louis XVI telah keterlaluan dalam memungut pajak. Sementara peruntukan pajak tidak efisien dan tidak adil.

“Menkeunya Colbert ugal-ugalan uber pajak rakyat. Itulah salah satu peyebab Revolusi Perancis. Louis XVI dan Marie Antoinette akhirnya dihukum mati dgn guillotine 1793

Sementara di Amerika, dikatakan Kamrussamad, awal dari revolusi kemerdekaan Amerika. Rakyat di Boston lemparkan teh ke pelabuhan di Boston sebagai protes terhadap pajak teh oleh Inggris.

Sementara di India, lanjutnya, kenaikan pajak dan monopoli garam yang dilakukan Inggris membuat Mahatma Gandhi menggalang kekuatan. Bersama jutaan rakyat India, Gandhi menggelar aksi long march yang dikenal sebagai gerakan Satyagraha.

“Gerakan protes damai itu diikuti jutaan orang, awal dari kemerdekaan India,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button