Headline

DPR: Pengejaran Teroris KKB itu Penegakan Hukum

INDOPOSCO.ID – Pemerintah tidak boleh melakukan negosiasi terhadap teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Pengejaran terhadap KKB harus terus dilakukan. Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Laksono melalui gawai, Minggu (6/6/2021).

Dia menilai, memberi celah negosiasi adalah upaya yang salah. Sama halnya negara memberikan pengakuan terhadap teroris KKB Papua. “Pengejaran teroris KKB itu wajib dilakukan. Karena upaya tersebut merupakan penegakan hukum,” katanya.

“Catatan Komisi I pada operasi pengejaran teroris KKB di Papua harus terus dievaluasi. Mana saja yang harus dibenahi harus segera dibenahi,” imbuhnya.

Dia menegaskan, dibutuhkan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang andal dalam melakukan pengejaran terhadap KKB di Papua. Sehingga mampu melakukan pendekatan secara humanis kepada masyarakat di sana.

“Fungsi pendekatan humanis kepada masyarakat ini agar stigma operasi militer tidak selalu menganggu warga,” terangnya.

Menurut Laksono, peningkatan personel TNI yang terjun ke lapangan harus terus ditingkatkan. Pasalnya, sensitifitas sangat penting untuk mengetahui mana anggota teroris KKB dan warga Papua.

“Pendekatan sosial budaya dan ekonomi kepada masyarakat di Papua juga harus terus ditambah,” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button